Selasa, 07 April 2015

Kok Bisa Sih?

Darah seni udah mengalir di keluarga gue, seni yaaa bukan air seni, kalo bahasa inggrisnya 'art' banyak yg bertanya pada gue dari waktu masih kecil sampe sekarang kalo soal gambar. Mereka nanya kebanyakan gini setelah liat gambar gue

"Kok bisa sih?"

Dipostingan kali ini akan gue jawab pertanyaan itu. Entah kenapa gue juga bingung sama diri gue, gue suka banget gambar dari sebelum masuk sekolah SD (Sekolah Dasar). Gue gak masuk TK (Taman Kanak-Kanak) ya belajar dirumah aja sama kakak-kakak gue, gue jg gak tau apa penyebabnya gue gak dimasukin ke TK mungkin menurut orang tua gue buat apa masuk TK paling cuma kebanyakan main-main dan nyanyi-nyanyi belajarnya jarang. Yaiyalah... mana ada sih seumuran segitu dibebanin untuk belajar terus, gak masuk TK membuat gue susah bergaul pas masuk SD. Jadi diem aja gitu ngeliat orang yg gak dikenal. Tapi gak masuk TK juga gue bisa tetep belajar kok, belajar nulis, belajar baca, dan belajar gambar kalo belajar ngaji di masjid.

Dulu gue punya white board ukurannya selapangan futsal, waduh itu mah kegedean, ya pokoknya  gak gede sih tapi bisa buat belajar tiap hari dan bisa buat ngerjain PR ngaji. Jadi kalo udah selesai PRnya white board gue kumpulin ke guru ngaji haha kagak-kagak! Syiiittt... ya disalin ke buku tulis dong. Dari white board itu juga gue belajar gambar sama abang gue, dia jago banget gambar, saking jagonya dia bisa bikin gambar diri sendiri lagi gambar, nah luh?! Gimana tuh? Pokoknya jago dah.

Suatu hari dia ngajarin gue gambar, gambar pertama yg gue bikin emak gue lagi jongkok .... di wc. Akhirnya gue apus karena itu gak baik, gue pun mengganti wc itu dengan jamban tapi tetep yg jongkok emak gue. Aduh anak macam apa gue ini. Oke skip, belajar gambar lain gue akhirnya diajarin gambar dinosaurus, tau kan? Dinosaurus yg gue gambar itu yg lehernya panjang yg makannya tumbuh-tumbuhan dan kakinya kecil. Gila susah banget! Tangan gue masih kaku, narik garis aja gak lurus. Tapi entah kenapa ini tuh menantang buat gue, tiap hari gue minta digambarin dinosaurus itu. Lalu gue liatin, gue perhatiin, abis itu gue cium, salah maksudnya abis itu gue apus dan gue gambar lagi dengan tangan gue sendiri. Tiap hari gitu aja terus... sampe akhirnya gue bisa walaupun pas udah jadi kepalanya kaya hmmmm titit.

Setelah gambar dinosaurus udah bisa, gue pengen banget bisa gambar power rangers terutama ranger merah, power rangers yg pengen gue gambar itu power rangers turbo, tapi karena susah buat helmnya akhirnya gue milih buat gambar power rangers in space, gak peduli jelek atau ancur yg penting gue pengen bisa gambar ranger ini sampe setengah badan. Gak usah sampe kaki dulu, ini contoh rangers in space
Waduh kebanyakan yak, yg ini nih, yg warna merah pokoknya terus dibadannya ada warna warni gitu kotak-kotak, urutan ke 3 dari tengah ke kanan. Nah dia! Susah parah gambar dia, tapi gue gak nyerah seperti biasa gue gambar tiap hari sampe gue bisa. Akhirnya tetep gak bisa, gue nyerah *lepas spidol* :( tiap pulang ngaji gue coba lagi tapi masih susah, terutama bikin helmnya biar lonjong pas gitu. Akhirnya gue ketiduran saking capenya, gue mimpi tuh waktu itu bisa gambar power rangers itu dengan sempurna, bagus, dan mirip. Tapi dikertas HVS, ketika udah jadi di mimpi itu gue malah ketiduran dan kertasnya jatoh ke bawah tempat tidur. Lah ini gimana sih udah mimpi tapi dimimpi juga mimpi tidur. Sore hari tiba gue pun terbangun dan nyariin gambar yg gue gambar tadi di mimpi, kali aja itu bukan mimpi. Gue cari ke kolong tempat tidur dan gue tanya emak gue juga dia bilang "gak ada" ternyata itu mimpi kali yaaa.

Singkat cerita gue makin gak puas menggambar, apa yg gue liat gue gambar. Gue liat kartun di tv gue gambar, liat pemandangan gue gambar, liat guru ngaji lagi menerangkan gue gambar. Gitu pokoknya, kadang mainan apa yg gue mau tapi gak pernah dibeliin gue gambar! Nih ya kalo menjelang lebaran biasanya kan orang-orang suka cat rumahnya biar bersih dan kaya baru lagi. Nah disaat seperti itu gue seneng banget, karena orang tua gue ngebolehin gue buat gambar apa aja di tembok yg banyak sebelum temboknya di cat ulang hohoho langsung aja apa yg ada dipikiran gue gambar ditembok rumah, tembok rumah penuh gambar gue, dan ini selalu gue lakuin tiap menjelang mau lebaran "gambar ditembok" :)

Gue makin mahir menggambar tapi gue gak mahir mewarnai, itulah sebabnya gue nyesel kenapa gak belajar mewarnai dari kecil, gue cuma belajar gambar. Tapi gak pernah gue warnai, dan kalo diwarnai gambar gue jadi jelek :D beneran. Gue males ngewarnain, bikin cape dan keliatan jorok belepotan gitu, itulah kelemahan gue, gue gak pandai mewarnai. Lomba menggambar pun gue ikuti dari SD, SMP, sampe SMK dimana aja, mulai dari sekolah, museum, dan tempat lain. tapi gak pernah menang :D gak tau kenapa, mungkin ya itu gambar gue bakal terlihat jelek kalo diwarnain, akhirnya gue belajar mewarnai pas SMP sampe SMK dan alhamdulillah terbukti gue berhasil mendapat juara gambar poster waktu SMK, dan lomba gambar lainnya kalo ada class meeting :D wooohooooo....!!!
Gue suka seni terutama seni gambar, semua seni gue pelajari dari seni tari, lenong, musik, dll yg penting seni mau itu tradisional atau modern. Gue pun bersyukur dan bangga punya bakat ini tapi gak lama kemudian orang tua gue menghambat bakat gue. Mereka jadi tiba-tiba gak suka kalo liat gue gambar, main musik, atau apalah yg berkaitan dengan seni. Mereka jadi benci seni, terutama ayah gue. :(

Gak tau ya penyebabnya apa, mungkin karena seni gue jadi lupa waktu dan lebih mentingin seni daripada belajar, sedih ya emang bahkan masih berlangsung sampe sekarang. Gue yakin bisa buktiin seni gak menghambat belajar gue dan alhamdulillah terbukti waktu SMK rangking gue meningkat tiap pembagian rapor bayangan atau kenaikan kelas. Tapi masih aja mereka cuek dan gak suka soal seni yg masih gue jalanin, oke terakhir gue akan buktiin nanti pas wisuda. Waktu wisuda SMK gue pengen buktiin ke orang tua gue bahwa seni itu gak seperti apa yg mereka pikirkan, akhirnya gue menampilkan seni musik dan tari di wisuda, walaupun keduanya gak begitu bagus tapi gue bangga bisa diberi tepuk tangan yg meriah, sungguh meriah, dan jujur gue kangen momen itu, momen dimana guru-guru, orang-orang, teman-teman dan terutama orang tua gue, mereka senyum ketika gue turun dari panggung sambil memuji gue.

Sampe sekarang gue masih suka seni dan sampe sekarang juga orang tua gue masih gak suka seni, tapi gak separah dulu sih gak sukanya, aaaahhh udahlah kerjain aja dulu nanti juga kalo hasilnya baik dan positif buat gue mereka juga ikutan bangga. :)

Kesimpulan gue dari cerita ini adalah tiap orang itu punya bakat, pasti! Nah tinggal lo koreksi sendiri deh diri lo, lo suka dibidang apa? Lo hobynya apa? Lo punya kepribadian yg gimana? Dengan lo mengenal diri lo sendiri, lo bakal bisa nemuin kelebihan dan kelemahan lo, dan dari situ juga lo bisa tau bakat lo apa. Jadiin bakat untuk menutupi kekurangan lo, dan jadiin bakat sebagai langkah untuk berprestasi dan terus berkarya. Gue percaya orang yg banyak menghina gue suatu saat pasti bakal sadar kalo karya gue bisa mengalahkan kesombongan dia dan gak menutup kemungkinan kalo dia bakal perlu gue. Bukannya kepedean, tapi lo harus yakin akan bakat lo, jangan dipendem. Mulailah terbuka ke semua orang secara perlahan, maka dari situ diri lo bakal dikenal dan dihargai. :)

Terus masih adakah yg nanya gue "kok bisa sih?", gue harap cerita ini bisa menjadi jawaban buat lo yg sering nanya itu ke gue :) udah dulu yaaa teman-teman, see you.... *SHUT DOWN*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar