Senin, 27 April 2015

Ultah Yang Berkah

Alhamdulillah... Gue ini lahir di keluarga yg sederhana, gak punya apa-apa tapi banyak cinta, daripada hidup bermewah-mewahan punya segalanya tapi sengsara, seperti para koruptor~ lah malah nyanyi gue #Bodoamat #PesanMoral

Disini apa cuma gue doang yg waktu masih kecil gak pernah dirayain ulang tahun? Iya... gue gak pernah dirayain ulang tahun sama orang tua gue dari waktu masih kecil, masuk SD, sampe lulus SMP. Sedih ya? Iya, Gak usah ketawa luh... gue lahir di keluarga yg sederhana, pada zaman gue ulang tahun itu adalah sesuatu yg meriah untuk dirayakan dan gak semua orang bisa mengadakannya, karena apa? Yup! Karena mahal pada zaman gue. Waktu masih kecil gue cuma diundang ulang tahun, diundang terus tapi gak pernah ngerayain. Makanya gak jarang kalo saat ulang tahun temen gue, gue suka iseng colek kuenya dan gue jilat. Gue inget waktu dulu gue pernah bilang gini

"Enak ya yg ulang tahun bisa dapet kado banyak, mainan banyak, diucapin selamat sambil dikasih kado, nyanyi bareng, tiup lilin, kalo yg orang kaya bisa sewa badut..." ucap gue dalam hati dengan penuh harap

Dulu mainan gue banyak dan gue berharap dari ulang tahun yg semoga aja dirayain gue bisa dapet lebih banyak mainan, gue gak mikirin kuenya yg mahal, penataan ruang tamu dan balon yg meriah, lagu selamat ulang tahun yg diputerin di VCD, iya dulu masih VCD belum DVD. Gue gak mikirin, yg gue pikirin gimana caranya gue bisa dapet kado yg isinya mainan banyak. Tapi itu semua gak pernah terjadi, setiap mau masuk bulan November gue selalu berharap yg sama, ulang tahun bisa dirayain dan gue dapet mainan banyak.

Waktu itu gue kelas 4 SD dan tiba saatnya gue memasuki bulan kelahiran gue, bulan November... Ayah gue panggil gue ketika gue pulang sekolah

"Rul..." sapa Ayah gue

Dengan penuh harapan pikiran gue pun langsung berharap kalo dia bakal bilang apa yg gue harapkan :) iya ulang tahun nanti bakal dirayain hihihi :p

"Apa yah?" Mata gue berbinar menatap Ayah
"Ambilin aer es dong"

Syiiittt... gue cuma bisa hela nafas seolah-olah abis dikejar anjing penjaga gereja, gue pun segera bergegas ambil aer es yg ada dikulkas, saat buka kulkas gue berharap ada kue ulang tahun dengan hiasan diatasnya ada power rangers, balon, atau jembatan yg dibawahnya kolam ikan.

"Cekrek... ngeeekkkk~ kok bunyinya gitu sih? Ya ampun ternyata yg gue buka itu lemari pakaian, nah ini baru kulkas"

"Blegbleg... wuuusss~" uap dingin pun keluar dari kulkas setebel asap foging semprotan nyamuk

Harapan gue pun sirna, setelah gue liat ternyata gak ada kue ulang tahun dikulkas, adanya kue martabak tadi pagi. Gue pun segera mengambil air es yg ada dikulkas dan langsung gue kasih ke Ayah.

Hari ulang tahun gue pun tiba, dari pagi gak ada yg ucapin dan gak ada yg spesial sama sekali. Rasanya gue pengen bilang ke orang tua gue kalo gue ulang tahun. Tapi kayanya maksain deh :) seperti biasa gue pergi ke sekolah, alhamdulillah ada temen gue yg ngucapin ulang tahun

"Selamat ulang tahun ye Rul" ucap temen gue sambil ngajak salaman
"Hehe kok lo tau gue ulang tahun" tanya gue heran sambil menjabat tangannya
"Kan biodata lo ada dibinder gue"
"Oiyak... yaudah yuk gue traktik cakwe?"
"Gak ah, beliin gue ayam negeri yg warna warni aje"

Gara-gara temen gue ini akhirnya semua anak yg dikelas tau kalo gue ulang tahun, gue pun diberi... iya diberi selamat -_-

"KADONYA MANAAA??!!!" ucap gue dalam hati

Bel pulang sekolah pun berbunyi, lah ini udah pulang aja? Biarin deh, namanya juga singkat cerita. Gue pun rapihin buku dan bergegas untuk pulang, panasnya hari itu keringet gue pun bercucuran dibarengi dengan turunnya ingus gue yg berwarna hijau stabilo dan Alhamdulillah akhirnya  gue pun sampe rumah dengan selamat walaupun diperjalanan tadi ada anak sekolah lain yg cegat jalan gue tapi mereka berhasil gue kalahin... gue berhasil kalahin dia main terang-terangan warna ingus.

Sesampainya dirumah gue langsung naruh tas gue dan buka sepatu, sepatu ini udah lama gue pake walaupun keadaannya gak memungkinkan, tapi enak buat main licin-licinan atau selengkat-selengkatan dikelas :) panasnya saat pulang sekolah membuat gue kehausan dan dehidrasi, untungnya di jalan gue gak ngeliat fatamorgana kolam renang di tengah jalan, gue pun segera berjalan ke arah kulkas untuk ambil air es

"Gleg... gleg... gleg... aaaahhh" tangan gue menyeka mulut yg basah-basah sexy
"Lagi ah~ gleg... gleg... gleg... aaaahhh"
"Lagi gak yaa? Ah udah ah :p"

Lagi asiknya minum tiba-tiba Ibu gue manggil dengan nada ke-Ibuannya

"Rul..." sapa Ibu gue
"Haaah?" Jawab gue dengan nada seperti orang pengen keluarin keong dari cangkangnya
"Tuh liat diatas lemari tuh ada apaan" Ibu gue nyuruh gue buat liat ke atas lemari
"Ada apaan emang?" Ucap gue sambil naik ke tempat tidur buat liat atas lemari dan ternyata gue menemukan kado disitu
"Ada gak?" Tanya Ibu gue
"Wiiih punya sape nih?"
"Udeh buat lo tuh dari Ayah lo"

Ini momen kasih kadonya gak enak banget, kenapa harus diatas lemari coba? Biar gak keliatan gue? Biar disangka surprise? Yaaah bodoamatlah yg penting gue dapet kado, segera gue bawa turun kado itu dan gue kocok-kocok

"Wah berat nih, Batu ye isinye?" Tanya gue ke Ibu gue
"Kalo gak salah emas batangan" Jawab Ibu gue

Setelah gue buka ternyata isi kado itu adalah sepatu sekolah :( dalam hati gue bilang "kok sepatu sekolah sih?" Jujur saat itu gue gak ngerasa seneng, gue pikir kado itu isinya mainan. Gue pikir ini tuh robot-robotan yg gede makanya kado ini berat, ternyata bukan.

Dari kecil gue emang susah untuk mendapatkan mainan dari orang tua gue, kebanyakan mainan yg gue beli adalah hasil dari tabungan uang jajan sekolah, kadang gue kumpulin sendiri terus gue beli, kadang gue kredit ke abang mainan. Ya emang sih duitnya juga kan dari orang tua, apapun yg gue mau biasanya selalu gue gambar ditembok atau buku dan berharap Ayah gue bisa melihat dan membelikannya, tapi semua itu cuma mimpi semata :)

Gue semakin tumbuh besar karena sering dicelupin ke drigen minyak tanah sama Ibu gue dan memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di waktu zaman SMP ini gue baru sadar akan satu hal bahwa

"Utamakan apa yg kita butuhkan, bukan yg kita inginkan. Kita gak bakal pernah habis jika menuruti keinginan, tapi kita gak bisa lepas dari kebutuhan"

Gue jadi inget waktu gue lagi suka-sukanya sama mainan dan berharap dirayain ulang tahun setiap bulan November, gue sadar ulang tahun adalah bagaimana kita bisa tumbuh lebih baik lagi dari umur sebelumnya dan secara gak langsung Ayah gue telah ngajarin pelajaran ini ke gue, pelajaran tentang apa yg gue butuhkan dan gue inginkan. Gue emang butuh sepatu sekolah waktu itu bukan butuh mainan, melihat keadaan sepatu sekolah waktu itu lebih penting ketimbang gue dapet kado mainan, ulang tahun mengajarkan gue buat gak selalu mewah tapi harus dapet berkah, keberkahan do'a dari keluarga, saudara dan teman tercinta. Di SMP ini gue udah gak pernah lagi bermain dengan mainan gue, semua mainan gue ada yg masih gue simpen buat pajangan dan ada yg gue buang. Kalo di itung-itung satu karung ada kali mainan gue semua :)

Semakin dewasa kita harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan dalam hal apapun, semakin dewasa jg pasti banyak harapan dan do'a di saat ulang tahun, selalu ada do'a "panjang umur dan sehat selalu" yup! Do'a itu sangat penting dan harus kita aamiini :) jadikanlah ulang tahun sebagai intropeksi diri disertai dengan do'a untuk lebih baik lagi dan jangan lupa bersyukur karena masih diberi sehat sampai saat ini, alhamdulillah temen gue makin banyak dan gak jarang temen gue yg kasih kado, kue ulang tahun serta do'a mereka ke gue ketika gue ulang tahun, entah itu dari sahabat atau orang yg pernah singgah di hati gue :)

See you gaes!! *Shut Down*

2 komentar:

  1. Pesannya ngena banget. Utamakan yang kita butuhkan...emang betul.

    BalasHapus
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus